Thursday, January 6, 2011

BNP2TKI Perjuangkan Korban Perkosaan Menteri Malaysia

Ilustrasi

CIANJUR- Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) siap memperjuangkan hak Rb, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang diduga menjadi korban perkosaan oleh Datuk Rais Yatim, Menteri Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia pada 2007.

Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat telah menugaskan Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI-unit pelayanan teknis di bawah BNP2TKI) Jawa Tengah, AB Rochman, untuk menemui keluarga Rb yang tercatat tinggal di Desa Pagelak RT03/RW02, Kecamatan Madukara, Banjarnegara, Jawa Tengah.

“Kita akan tangani kasus ini jika benar dengan mengedepankan pemulihan hak-hak korban,” kata Jumhur saat ditanya wartawan di sela-sela Rakernis (Rapat Kerja Teknis) BNP2TKI di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (6/1/2011).

Kasus perkosaan Rb ini terjadi pada 2007, saat Datuk Rais Yatim menjabat Menteri Luar Negeri Malaysia. Kala itu Rb bekerja menjadi TKI PLRT (Penata Laksana Rumah Tangga) di keluarga pasangan Datuk Rais dan Datin Masnah. Tapi hingga kini belum ada laporan ke pihak Kepolisian baik di Malaysia atau di Indonesia.

“Namun demikian, pemerintah wajib memberikan perlindungan terhadap TKI maupun WNI di manapun dia berada. Karena itu, jika korban merasa dirugikan BNP2TKI siap memfasilitasi menyelesaikan kasus ini sesuai hukum yang berlaku,” katanya.

BNP2TKI, jelas Jumhur, akan melakukan koordinasi dengan KBRI Kuala Lumpur dan pihak-pihak terkait. Ini untuk menyelesaikan kasus yang membelit Rb.

Datuk Rais Yatim sendiri sebagaimana dikutip kantor berita Malaysia, Bernama pada 5 Januari lalu membantah telah melakukan perkosaan kepada Rb.

“Saya menolak dugaan-dugaan itu, baik soal pemerkosaan terhadap seseorang empat tahun lalu atau dugaan lain, yang beredar di internet ataupun kelompok politik tertentu,” tegas Rais Yatim di Kuala Lumpur.

Kabar yang beredar di blog-blog internet Malaysia menyebut, dugaan itu muncul dalam kawat diplomatik yang dirilis situs pembocor WikiLeaks. Dua blog yang membahasnya adalah bigdogdotcom.wordpress.com dan rockybru.com.my.

Dalam kedua blog tersebut dituliskan, Rais Yatim diduga memperkosa TKI dan kasusnya ditutup.

No comments:

Post a Comment