Wednesday, January 5, 2011

Oknum Kantor Imigrasi Jakarta Timur Diperiksa

Gayus Tambunan saat berada di persidangan

JAKARTA - Kepemilikan paspor Gayus Halomoan Tambunan yang dikeluarkan Kantor Imigrasi Jakarta Timur berbuntut panjang. Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM memeriksa sejumlah pejabat kantor tersebut.

Dua petugas Itjen Kemenkum HAM itu datang sekira pukul 15.00 WIB Rabu (5/1/2010). Pemeriksaan diduga untuk menindaklanjuti pernyataan Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar yang menjelaskan bahwa paspor Gayus atas nama Sonny Laksono dikeluarkan Kantor Imigrasi Jakarta Timur.

Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Timur, Nasrul Ngabdimasa membantah kedatangan tersebut sebagai pemeriksaan atas lembaga yang dipimpinnya. ”Saya tidak ditanya apa-apa, hanya ngobrol-ngobrol saja,” terangnya.

Namun dia menjelaskan pemeriksaan akan ditujukan kepada oknum imigrasi yang diduga terlibat. ”Belum ada hasilnya, itu off the record-lah,” ungkapnya. Dia juga enggan menjelaskan teknis pemeriksaan difokuskan kepada siapa.

Mengenai hasil pemeriksaan, kata dia, tentu akan bisa dipertanggungjawabkan langsung kepada menteri. ”Nanti akan ada laporannya,” terang dia.

Sebelumnya Nasrul mengaku bahwa kemungkinan keterlibatan bawahannya masih dalam taraf penyelidikan. Dia juga belum bisa menyimpulkan, apakah keluarnya paspor Gayus dari kantor Imigrasi Jakarta Timur merupakan hasil kelalaian, atau ada oknum yang sengaja membantu. Nasrul menjelaskan paspor Gayus ini dikeluarkan, saat dia belum menjabat kepala kantor.

Bahkan dia menyatakan siap untuk membantu Kemenkum HAM untuk mengusut tuntas kasus tersebut. Serta akan menindak tegas oknum yang terlibat. "Namun tentunya hal tersebut dilakukan setelah berkordinasi dengan Kementrian Hukum dan HAM," tutur Nasrul.

No comments:

Post a Comment