Thursday, November 18, 2010

Mungkinkah Wordpress lebih baik dari Blogspot



Mungkin sebagian besar blogger mengatakan wordpress dengan hosting sendiri lebih bagus dari dapat menggunakan blogger, namun tidak semua beranggapan seperti itu, Blogger pun mempunyai keunggulan tersendiri dari pada wordpress, yang membuat blogger tetap bertahan sampai sekarang.

1. GRATIS untuk digunakan dan mudah pengaturan

Blogger.com bebas untuk digunakan, sedangkan Wordpress dengan Host sendiri memerlukan biaya, walaupun Wordpress juga gratis, anda memerlukan biaya untuk membeli hosting, sedangkan Blogger dikelola oleh Google dan hosting diberikan bebas biaya apapun. Anda dapat membuat banyak artikel yang Anda inginkan, dengan unlimited bandwidth . Tidak ada account FTP untuk mengelola, Tidak ada Database dan Bandwith yang tak terbatas sehingga tidak perlu khawatir bahkan jika jutaan pengunjung membaca blog Anda pada suatu waktu.


2. Tidak ada Database yang kompleks yang perlu di kelola

Tidak seperti Wordpress, tidak ada pilihan muka untuk mengelola database di blogger, itu membuat lebih mudah untuk berkonsentrasi pada Anda untuk menulis daripada menginstal plugin dan back up seluruh database setiap kali Anda membuat perubahan besar dalam blog Anda dan dengan demikian tidak ada risiko kehilangan data Anda .

3. Tidak ada kode tambahan

Sebuah blog Blogger semua bagian di dalamnya berkumpul menjadi satu dalam file XML. File ini mengandung setiap dan semua dari blog Anda (kecuali bagian pos). Anda skrip, tag meta, css, semua pengaturan, widget dll disimpan dalam satu file ini. Sementara di WP, ada beberapa file untuk mengelola, jika Anda perlu untuk menginstal sesuatu di header, Anda harus membuka file yang berisi kode header ini. Demikian pula untuk menempatkan sesuatu di bawah judul posting, Anda perlu membuka beberapa file lain. Hal ini menjadi lebih mudah bila di blogger karena file tunggal yang berisi semua jenis kode.

4. Tidak takut situs mengalami gangguan

Karena ada database di Wordpress, selalu ada resiko untuk di susupi hacker. Setiap dan segala sesuatu (termasuk posting blog) disimpan dalam database. Tentu hal ini dapat diubah, di kosongkan bahkan di hapus dengan mudah jika orang yang salah mendapatkan akses ke database Anda. Situs Anda bisa rusak jika ada sesuatu yang sengaja dihapus dari tabel apapun. Pada Blogger, tidak ada database seperti itu sama sekali sehingga Anda mendapatkan lebih banyak waktu untuk berkonsentrasi pada tulisan anda daripada melakukan pekerjaan ini manajemen database.

5. Mudah Backup & Restore

Pada Blogger, back up blog Anda hanya cukup dengan cara satu klik tombol pekerjaan. Dan tombol Backup diberikan pada halaman pengaturan utama. Anda dapat menyimpan file XML lengkap secara lokal di sistem anda. Untuk Kembalikan, halaman yang sama dan diakses dengan meng-upload file Anda dapat memulihkan blog Anda dengan mudah. Tapi di Wordpress ada opsi tersebut diberikan untuk cadangan . Anda harus menginstal beberapa plugin untuk melakukan ini atau pergi ke phpmyadmin panel secara terpisah untuk mengakses database Anda untuk men-download secara lokal.

6. Page Layout yang nyaman dan mudah di atur

Membuat perubahan pada blogger yang begitu mudah sehingga Anda tidak perlu membaca manual help untuk memulai blog Anda. Pengaturan tampilan lengkap situs Anda dibuat sangat mudah melalui Layout Halaman di mana Anda cukup drag dan drop widget di tempat di mana Anda ingin untuk muncul. Di WP ini Halaman layout seperti ini hadir dengan kemudahan drag n drop, tapi Anda tidak bisa melihat tata letak kanan blog Anda yang sebenarnya dari halaman Pengaturan.

7. Tidak ada kode buggy pada Plugin

Wordpress banyak dukungan plugin. Plugin ini dikembangkan untuk membuat banyak fitur untuk blog Anda. Tapi karena hampir semua plugin yang dibuat oleh freelance atau pengembang personal dan tidak ada dukungan resmi yang diberikan oleh WordPress untuk memonitor plugin ini. Jika sebuah plugin yang tidak kompatibel atau plugin dengan kode korup terinstal, hal ini dapat menyebabkan kerusakan parah pada situs Anda dalam banyak cara.
Di blogger, ada widget yang tidak membuat situs Anda terlihat buruk dengan cara apapun jika mereka rusak atau tidak dikonfigurasi dengan benar. Jika widget rusak atau tidak bekerja Anda segera akan mendapatkan kesalahan saat menyimpan perubahan sedangkan WP pernah memperingatkan Anda dalam kasus ini.

8. Tidak ada theme (tema) atau Plugin yang tidak sesuai

Seperti saya katakan di atas, bahwa plugin wordpress harus kompatibel dengan versi WP yang Anda gunakan. Jika sebuah plugin yang lebih tua atau tidak kompatibel diinstal Anda akan menghadapi begitu banyak kesalahan yang sering kali sulit dideteksi. Sama halnya dengan tema-tema Wordpress. Pengembang harus meng-upgrade plugin dan tema setiap kali versi baru WP dilepaskan.

Dalam blogger tidak ada hal seperti itu sama sekali. Semua tema adalah 100% kompatibel berapa pun usia itu. Sama berlaku untuk widget. Blogger.com sangat stabil. Bahkan jika Anda memasang widget korup Anda akan mendapatkan pesan kesalahan untuk menyelesaikannya terlebih dahulu sebelum menyimpan perubahan.

Wordpress dan Blogger ? menurut kalian mana yang lebih baik

No comments:

Post a Comment